All About Naruto

PEMBAHASAN CHAPTER 690 – NINJA

Yoo, sobat NLKA!! Apa kabarnya? Gimana menurut kalian chapter yang beru release kemarin? Masih bingung? Chapter ini banyak mengandung misteri yang sepertinya agak sulit untuk dipahami. Untuk itu, mari kita bahas bersama – sama 

Original From : Dunia Naruto Indonesia
---------------------------------------

(-) Berhasilnya penyegelan Kaguya

Seperti yang kita liat di awal chapter , sobat NLKA, bahwa Kaguya berhasil disegel oleh Naruto dan Sasuke berkat kerjasama yang sangat bagus dari tim 7. Memang jika dilihat , setiap anggota dari tim 7 memiliki sifat yang berbeda-beda, dan bahkan bertentangan (seperti Naruto dan Sasuke). Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kerjasama dari tim 7 merupakan salah satu kerjasama yang sangat baik dari seluruh tim ninja yang ada ada dalam serial manga dan anime Naruto ini. Hal ini juga sesuai dengan spekulasi pertama di pembahasan chapter minggu lalu, yaitu Kaguya berhasil disegel tanpa memakan korban salah satu dari anggota tim 7 dalam prosesnya.

(-) Terungkapnya Motif dari Ujung Shakujou milik Hamura

Setelah sekian lama kita dibingungkan dengan motif ujung shakujou milik Hamura, akhirnya pada chapter ini terungkap bentuk asli dari ujung shakujou milik Hamura. Miliknya berbentuk seperti sebuah tombak dengan 2 mata lain di setiap kanan dan kirinya, namun dengan berujung tumpul. Bentuk ini sangat berbeda dari milik Hagaromo, dimana miliknya memiliki bentuk ujung bulat dan setengah lingkaran di ujung lainnya.

(-) Kaguya Tersegel Sekali Lagi

Sekali lagi, Kaguya tergel oleh keturunannya sendiri , sobat NLKA. Kaguya yang merupakan leluhur dari dari segala chakra tersegel oleh pecahan – pecahan dari chakranya. Ironis. Bagaikan terjatuh di lubang yang sama, Kaguya kembali tersegel oleh teknik yang sama, yaitu Chibaku Tensei. Pada chapter ini juga terungkap proses dari penyegelan tersebut. Yaitu pertama telapak tangan Naruto yang memiliki simbol Yang (Matahari) dan telapak tangan Sasuke yang memiliki simbol Yin (Bulan)menyentuh Kaguya untuk memulai proses penyegelan. Hal ini mirip dengan seorang Buddha yang menjaga keseimbangan antara unsur yin (Bulan/Kegelapan/Malam) dengan unsur Yang (Matahari/Kebaikan/Siang) agar selalu seimbang. Setelah itu, proses penyegelanpun dimulai, diawali dengan tertutupnya mata Sharinnegan Kaguya dengan segel Yin dan Yang tadi. Setelah mata tsb tertutup, segel di tangan Naruto dan Sasuke menghilang. Ini adalah tanda untuk Hagaromo alias Rikudou Sennin untuk mulai beraksi. Pasca mata sharinnegan Kaguya tertutup, chakra di dalam dirinya menjadi tidak stabil yang menyebabkan ia berubah ke wujud Juubi. Hagaromo yang menyadari hal ini langsung membuat bola hitam yang mengadung gaya gravitasi yang sangat kuat di dekat di dimensi dimana Kaguya berada dan menarik Kaguya dan segala material lain kearahnya untuk sekali lagi menyegel Kaguya secara keseluruhan. Menyadari chakra Kaguya yang tidak stabil, para Bijuu memanfaatkannya untuk melepaskan diri dari Juubi Kaguya yang akhirnya berubah menjadi Gedo Mazou (Cangkang Kosong Juubi). Namun, ditengah – tengah proses ini, terjadi hal yang mengejutkan, yaitu segumpal chakra yang berbentuk Humanoid Kaguya memuntahkan Madara dari dalam dirinya. Ada pertanyaan yang terlintas disini : bagaimana bisa Hagaromo yg berada di dimensi berbeda dapat melakukan penyegelan terhadap Kaguya? Hal ini dikarenakan proses awal penyegelan sudah dilakukan oleh Naruto dan Sasuke , yg notabene kekuatan tsb berasal dari Hagaromo. Jadi, kekuatan itu berfungsi jg sperti pemancar yg menunjukkan lokasi n keadaan Kaguya dan juga sbgai titik awal tahap penyegelan lanjutan oleh Hagaromo, sehingga ia dapat melakukan penyegelan lanjutan dimanapun ia berada.

(-) Kondisi Madara

Sebelumnya kita tau bahwa Madara dijadikan tumbal sebagai media kebangkita Kaguya. Banyak dari kita yag berpikir bahwa Madara sudah tewas karena yang tersisa hanyalah setengah badannya saja. Tapi ternyata, di chapter ini ditunjukkan kondisi tubuh Madara yang utuh, hanya saja ia tak sadarkan diri. Lantas, bagaimana peranan Madara selanjutnya? Akankah ia tetap menjadi antagonis, atau berubah haluan menjadi protagonis? Mari kita kembali bermain spekulasi, yaitu : pertama, Madara menjadi protagonis. Hal ini karena ia digunakan sbegai tumbal untuk kebangkitan Kaguya, sehingga jiwanya dan jiwa Kaguya ada kemungkinan terhubung, sehingga ia mengetahui bahwa sebenarnya ia hanya dimanfaatkan, jadi ia ingin menebus segala kesalahannya. Kedua , karena ia tau bahwa ia dimanfaatkan, ia menjadi semakin benci dengan dunia ini dan ingin mengancurkannya. Yang mana menurut sobat NLKA? Atau, punya spekulasi lain?

(-) Akhir Riwayat Zetsu Hitam

Setelah melihat ibunya disegel kembali, Zetsu Hitam kembali berniat untuk menyusun skenario baru untuk sekali lagi membangkitkan Kaguya. Namun, Naruto yang menyadari niat Zetsu Hitam langsung mneghampirinya dan melemparkan Zetsu Hitam ke arah Kaguya yang sedang tersegel agar juga ikut tersegel. Hal ini karena Naruto begitu kesal dengan kenyataan bahwa semua kematian para ninja hanya merupakan bagian dari skenario Zetsu Hitam.

(-) Tim 7 dan Para Bijuu Dibawa Kembali ke Dunia Nyata

Pasca penyegelan Kaguya, naruto ,dkk dibawa kembali melalui teknik Kuchiyose no Jutsu. Ada yang menarik dari hal ini, sobat NLKA. Kuchiyose yg selama ini membutuhkan kontrak darah untuk makhluk hidup atau merupakan kepemilikan dari si pengguna untuk benda mati. Sedangkan kuchiyose Rikudou ini spesial, ia tidak membutuhkan kontrak darah dan mampu melakukan pemanggilan walaupun yang dipanggil berada di dimensi yang berbeda. Pada bagian ini, terlintas sebuah pertanyaan di benak admin, Apa alasannya seorang Rikudou Sennin membutuhkan bantuan para kage terdahulu utk mengkuchiyose naruto dll? Sedangkan kita tau kalo rikudou itu leluhur dr para shinobi yg bahkan mampu memisahkan para bijuu dr juubi seorang diri? Setelah dipikir -pikir, menurutku seperti ini : Objek yang akan dipanggil melalui teknik kuchiyose tsb adalah Naruto dkk, yang notabene berada di dimensi yang berbeda. Untuk melakukannya, ia membutuhkan bantuan dari para kage terdahulu. Selain itu, ia juga membutuhkan sejumlah chakra yang besar dari alam. Kekuatan dari alam dilambangkan dengan 12 zodiak yang di disimbolkan dengan penggunaan 12 segel tangan (hand seal). Oleh, sebab itu, terdapat 12 bagian dalam segel Kuchiyose trsebut, dimana setiap bagian melambangkan 1 zodiak/segel tangan yang dirapalkan oleh para kage. Dengan melakukan teknik tersebut, Naruto dkk dapat dipanggil ke dunia nyata. Itu kalau menurut admin. Kalau member ataupun admin lain memiliki opini lain, mari di share dan berdiskusi bersama ^^

(-) Kondisi Para Shinobi yang Terlilit Kepompong Shinju

Seperti yang kita tau, pasca terkena Mugen Tsukuyomi , semua shinobi kemudian dililit oleh pohon Shinju untuk dirubah menjadi Zetsu Putih. Pertanyaannya, apakah proses ini terhenti pasca disegelnya Kaguya, ataukah masih berlanjut? Kalau menurut admin sendiri, proses ini telah terhenti, namun dengan kondisi semua shinobi yang sekarat karena nayris kehabisan chakra. Untuk memulihkan para shinobi, sepertinya kemampuan Sakura sebagai ninja medis akan sangat diperlukan. Admin juga beropini bahwa dsini Naruto mengalirkan chakranya ke Sakura untuk memperkuat dan meningkatkan aliran chakra dari Sakura, agar ia dapat memanggil seluruh tubuh Katsuyu untuk menyembuhkan keadaan para shinobi dan menyelamatkan semua orang.

(-) Kontroversi Kata “End” di Akhir Chapter

Sempat ada pergunjingan bahwa chapter kemarin merupakan chapter terakhir dari serial manga Naruto . Apakah benar manga Naruto akan tamat dalam waktu dekat? Mungkin. Apakah benar chapter kemarin adalah yg terakhir? Salah. Kata “End” mengacu pada berakhirnya chapter tersebut, bukan manga nya. Memang benar saat ini cerita Naruto sudah memasuki fase “anti-klimaks”, yang artinya merupakan fase dimana ketegangan cerita mulai menurun. Namun sekali lagi ingat, baru fase anti-klimaks, belum resolusi nya. Cerita Naruto belum memasuki fase kesimpulan dari cerita. Jadi , jika ada yang bilang bahwa chapter kemarin adalah chapter yang terakhir, itu hanyalah hoax aja ^^
Tag : Artikel
0 Komentar untuk " PEMBAHASAN CHAPTER 690 – NINJA "

Back To Top