All About Naruto

Hitai-ate (額当て) Pelindung Kepala

Hitai-ate

headband (Hitai-ate “額当て” ) adalah ikat kepala yang dipakai oleh para ninja ,dibuat dari bahan plat metal yang berisi ukiran dari simbol asal desa ninja, pada umumnya bagian pengikat terbuat dari kain yang bisa bisa dinuiat dengan warna yang berbeda beda. Pelindung kepala biasanya diterima oleh ninja apabila ia sudah berada atau lulus dari akademi,dan berada pada level genin atau level yang lebih tinggi yang diperbolehkan memakai dan mempunyai ikat kepala ini.
Meskipun namanya pelindung kepala tetapi penggunaannya tidak harus untuk melindungi bagian kepala,sebagai contohnya:
  • sakura yang menggunakan nya sebagai ikat kepala,
  • Shikamaru yang menggunakan di bagian lengannya
  • Ino (part I),Lee dan Guy menggunakan sebagai ikat pinggang
  • Temari dan Hinata yang menggunakan sebagai penutup leher seperti kalung
  • Genma yang menggunakannya dengan cara seperti bandanna
  • Chouji dan Izumo Kamikuzi yang menggunakan seperti bandanna yang dimodifikasi
  • Tobirama ,Kisame,zaku abummi dan yamato menggunakan sebagai pelindung wajah yang menyerupai topeng yang membingkai di sisi sisi wajahnya.
  • garaa yang mengikatkannya pada kendi pasirnya
  • kakuroo yang memakaikannya pada kerudung di kepalanya
  • kakashi yang menggunakannya sebagai penutup mata nya.
  • dan masih banyak lagi
Pelindung kepala berguna untuk identitas dan symbol suatu desa dan membuatnya menjadi suatu seperti tanda pengenal shinobi yang memakainya. sebagian besar ninja menganggap headband sebagai suatu penghargaan dan kehormatan yang merupakan bagian penting dari tradisi desa masing masing ,hal ini yang membuat seorang ninja harus mengenakannya setiap saat dan khususnya pada saat latihan bertarung dengan teman sesama desa. Contohnya saat naruto yang meminta sasuke untuk memakai pelindung kepalanya saat ia bertarung di lembah kematian.
Ada beberapa ninja yang tidak  memakai pelindung kepala meskipun demikian mereka masih menjadi bagian dari desa karena julukan dan jasanya seperti : 3 sannin ,shizune,nagato,konan dan ino di part II (ino belum diketahui kenapa tidak memakai headband ) Beberapa karakter seperti Shino Aburame masih memakai ikat kepala mereka di bawah pakaian mereka.Para penduduk biasa atau masyarakat yang tak punya kemampuan desa atau tidak pernah sekolah ninja tidak berhak atau tidak wajib menggunakan ikat kepala.
Akatsuki dan missing nin menggunakan pelindung kepala dengan goresan memanjang horizontal untuk memperlihatkan bahwa mereka telah menolak dan tidak ikut di dalam desa dan menjadi buron dan meninggalkan desanya.
Amegakure juga menggunakan ikat kepala dengan coretan horizontal tetapi ini tidak membuktikan bahwa mereka ninja pelarian tetapi lebih kepada penolakan kepemimpinan hanzo pada saat perang dengan pain.
Jiraiya adalah salah satu ninja yang memakai pelindung kepala spesial yang terbuat dari metal dengan bentuk menyerupai kepala kodok dengan symbol kanji minyak 油, abura) ditengahnya ini menandakan bahwa ia telah berafiliasi sebagai warga myoubokuzan.
Sejak pembentukan aliansi Shinobi pelindung dahi baru telah dibuat oleh Mifune, dengan kanji  shinobi (忍) di atasnya. Ini melambangkan bahwa sementara setiap Ninja memperjuangkan desa mereka sercara terpisah, mereka sekarang akan bersatu di bawah satu komando untuk penyebab yang sama. Para anggota Aliansi memakai ini sebagai pelindung kepala seperti pada umumnya
Pelindung kepala paling awal terlihat pada saat kemunculan klan senju dan pelindung kepala yang terlihat disana adalah pelindung kepala sederhana tanpa symbol yang diperlihatkan oleh leluhur klan senju.
Trivia
  • Di sampul untuk Chapter 567, masing-masing jinchūriki ditunjukkan dengan pelindung dahi putih dengan kanji untuk jumlah ekor binatang masing-masing ekor.
  • Masashi Kishimoto, dalam sebuah wawancara, menjelaskan bahwa ia menciptakan pelindung kepala karena ia merasa terlalu rumit untuk menggambar kacamata Naruto setiap minggunya.
Tag : Artikel
0 Komentar untuk "Hitai-ate (額当て) Pelindung Kepala"

Back To Top